--> -->

Larangan TikTok Trump adalah penyalahgunaan kekuasaan yang berat

 Pada 18 September, Departemen Perdagangan mengeluarkan implementasi pertama dari larangan TikTok Presiden Trump, yang akan berlaku pada 20 September. Perintah tersebut meminta penghentian total semua transaksi AS dengan perusahaan induk TikTok, ByteDance, memblokir unduhan baru tetapi membiarkan versi aplikasi yang ada tetap di tempatnya. Ini adalah tanggapan yang berat terhadap masalah keamanan nasional yang masih abstrak, dan pelarangan yang lebih terkait masih dijadwalkan untuk bulan November. Banyak pengamat telah menghindari implikasi yang mengkhawatirkan dari perintah tersebut, memperlakukannya sebagai ancaman taktis untuk mempercepat negosiasi yang sedang berlangsung dengan Oracle. Tapi jika larangan TikTok adalah taktik tawar-menawar, itu sangat berbahaya.


Jangan salah: sesuatu yang buruk dan belum pernah terjadi sebelumnya sedang terjadi di sini. Jejaring sosial yang digunakan oleh jutaan orang akan dilarang oleh kepresidenan, tanpa bukti publik adanya kesalahan dan hanya isyarat tertipis pada pembatasan konstitusional terhadap kekuasaan eksekutif. Fakta bahwa tindakan ini tampaknya legal hanya membuatnya lebih buruk. Jika Trump menindaklanjuti ancamannya, hasilnya akan menjadi preseden bencana bagi perangkat lunak AS dan tonggak yang mengkhawatirkan dalam turunnya Amerika Serikat ke dalam permusuhan dan korupsi.


Ini semakin mengkhawatirkan karena kami tidak memiliki indikasi yang jelas mengapa hal itu terjadi. TikTok telah menjadi subjek tinjauan keamanan nasional selama sekitar satu tahun sekarang, yang dilakukan di bawah Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CFIUS). Tetapi perintah eksekutif ini jauh di luar proses CFIUS yang biasa, dan tidak ada bukti bahwa peninjauan tersebut menemukan sesuatu yang tidak biasa. Perintah eksekutif mencantumkan berbagai masalah umum seperti pengumpulan data atau kemungkinan disinformasi, tetapi tidak ada yang tidak akan berlaku untuk banyak aplikasi lain. Gedung Putih tidak memberikan bukti yang menunjukkan pengumpulan data yang tidak tepat oleh TikTok atau hubungan luar biasa antara ByteDance dan pemerintah China. Jika ada, kami melihat yang sebaliknya: penilaian CIA baru-baru ini yang diperoleh The New York Times tidak menemukan bukti bahwa aplikasi tersebut telah digunakan oleh agen mata-mata China untuk menyadap data.


AS telah memaksa kepentingan China keluar dari perusahaan teknologi AS sebelumnya - baru-baru ini setelah investor China membeli saham di Grindr - tetapi tidak pernah ada perintah darurat seperti ini. Tidak ada presiden yang pernah melabeli keberadaan program di perangkat Amerika sebagai keadaan darurat nasional atau menggunakan kekuatan darurat terhadap perangkat lunak. Dan sementara pengaturan Oracle tampaknya menawarkan TikTok keluar, kekacauan di sekitar keseluruhan proyek membuatnya jauh dari hal yang pasti. Ini adalah tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan tidak ada penjelasan mengapa TikTok secara khusus cukup mengkhawatirkan untuk membenarkannya.


Preseden yang jelas adalah larangan Huawei, yang membuat produsen peralatan China terputus tidak hanya dari memasok jaringan AS tetapi dari setiap transaksi dengan perusahaan AS di seluruh dunia. Tetapi TikTok berbeda dalam beberapa hal penting. Masalah dengan Huawei adalah perangkat keras jaringan: perangkat tingkat infrastruktur yang tidak dapat diperiksa atau dipantau secara memadai setelah tertanam di jaringan. Jaringan telepon adalah kepentingan keamanan nasional sejak lama, dan sebagai hasilnya pemerintah telah lama berperan aktif dalam sistem tersebut. Tetapi tidak ada yang benar dari aplikasi konsumen di ponsel konsumen.


Pada saat yang sama, Trump telah memberi kami banyak alasan untuk khawatir tentang motif korup untuk perubahan baru-baru ini. Minat terbaru pada TikTok muncul setelah protes setengah hati presiden di Tulsa pada bulan Juli, di mana beberapa dari sedikit pemilih disalahkan (secara adil atau tidak) pada kampanye troll anti-Trump yang berasal dari TikTok. Di luar insiden khusus tersebut, tidak biasa untuk memulai konflik berisiko tinggi hanya tiga bulan sebelum pemilihan, yang menunjukkan bahwa presiden mungkin menggunakan ini sebagai taktik politik, meningkatkan drama hingga efek maksimal. Setelah perang perdagangan yang menghancurkan, mengejar TikTok mungkin satu-satunya kesempatan Trump untuk memenangkan politik melawan China.


Ada sejumlah masalah perancu lainnya. Dalam keberuntungan yang aneh, Facebook meluncurkan pesaing TikToknya (atau, kurang bermurah hati, tiruan) di Instagram pada saat yang sama masa depan jaringan sosial saingannya diragukan. Tak satu pun dari ini adalah senjata api, tetapi itu adalah jenis masalah yang biasanya dapat diatasi melalui transparansi dan kepatuhan pada proses yang telah ditetapkan. Dengan Trump, kami tidak memiliki keduanya, yang membuat mereka jauh lebih sulit untuk dilepaskan. Seperti yang sering terjadi dalam gerakan keamanan nasional, kami diminta untuk mempercayai keputusan presiden - tetapi sekarang kami memiliki alasan yang jelas untuk tidak melakukannya.


Masih ada kekhawatiran nyata tentang tingkat akses pemerintah China ke TikTok, dan akan sangat bodoh untuk mengabaikannya. Pemerintah China tetap berkomitmen pada kebijakan penyensoran dan pengawasan, dan penangkapan baru-baru ini di Hong Kong hanya menggarisbawahi betapa brutal dan represifnya sistem itu. (Trump secara luas mendukung penangkapan tersebut, mengatakan dalam sebuah wawancara pada 11 Agustus, "Selama bertahun-tahun, Hong Kong menghasilkan uang yang bisa kami hasilkan.")


Tetapi larangan Trump bukan satu-satunya tanggapan yang mungkin untuk kebijakan tersebut. Sudah ada proposal yang lebih terukur untuk membatasi penggunaan TikTok oleh karyawan federal atau pekerja kampanye. Saat tekanan meningkat, ByteDance dapat dipaksa untuk menyerahkan perangkat lunak dan personelnya ke audit publik, dengan konsekuensi lebih lanjut jika audit dihindari. Jika divestasi diperlukan, itu bisa didekati secara metodis, seperti kesepakatan bisnis alih-alih pertunjukan permainan gila.


Tetapi kami belum mengambil jalan yang masuk akal, yang menimbulkan pertanyaan tidak nyaman tentang seberapa besar Washington peduli tentang TikTok sama sekali. Saya tidak menyukai ByteDance atau anak perusahaannya, tetapi aplikasi tersebut telah menyatukan komunitas yang layak untuk dihormati. Menghancurkan komunitas itu akan menyinggung dan menyedihkan, seperti melarang buku atau menghancurkan sebuah film. Sifat politik Amerika berarti bahwa sebagian besar orang yang memutuskan nasib TikTok hanya memiliki sedikit pengalaman dalam menggunakan aplikasi, tetapi mereka harus memahami bahwa ada sesuatu yang penting yang dipertaruhkan di sini. Sejauh ini, tidak ada tanda-tanda mereka melihatnya lebih dari sekadar sandera.


Cara Menghilangkan Kutil

Show comments
Hide comments

0 Response to "Larangan TikTok Trump adalah penyalahgunaan kekuasaan yang berat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel